Year
2014
Published in
-
Abstract
Hampir sebagian besar pengangkutan barang nasional menggunakan tranportasi laut, \nterutama Indonesia bagian Timur. Karakteristik geografi di darat dan laut dan \n\ninfrastruktur yang ada di Indonesia Timur mendukung pengangkutan barang lebih \nefisien menggunakan transportasi laut. Akan tetapi, biaya logistik (kontainer/km) di \n\nwilayah Indonesia Timur lebih mahal dibanding dengan Indonesia Barat. Upaya \npeningkatan konektivitas antar pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, khususnya wilayah \n\nIndonesia Timur diyakini akan mampu mereduksi biaya logistik yang ada sekarang ini. \nPenelitian ini berupaya menganalisa konektivitas antar pelabuhan-pelabuhan di wilayah \n\nIndonesia Timur seperti pelabuhan hub, pelabuhan pengumpan dan pelabuhan perintis. \nPola pelayaran untuk pengangkutan barang juga dipertimbangkan untuk diperhatikan \n\nseperti pola pelayaran Ro-Ro, ferry anta