2021 : Rancang Bangun Ruang Auditorium Berkemampuan Telekonferensi Terintegrasi (Virtual Auditorium)

Dr Mahendra Wardhana ST,MT.

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pada tahun 2020 ketika pandemi COVID19 melanda dunia termasuk Indonesia membuat percepatan tranformasi digital pendidikan dari pendidikan konvensional menjadi e-learning. Hal ini dikarenakan seluruh proses pendidikan diharuskan dilakukan secara daring. Fenomena tersebut memberi sumbangsih besar pada tingkat penetrasi pengguna internet nasional yang telah mencapai 73,7% dari populasi pada tahun 2020. Transformasi digital pendidikan harus dikembangkan dengan prinsip yang berkelanjutan untuk memastikan terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Salah satu dari tiga pilar pengembangan e-learning berkelanjutan adalah inovasi yang profesional pada aspek teknologi sarana. Berdasarkan hal tersebut ITS sebagai perguruan tinggi negeri di Indonesia yang terdepan dalam inovasi memerlukan langkah pengembangan sarana serta teknologi e-learning sebagai bagian penting dari memujudkan transformasi pendidikan yang berkelanjutan. Penelitian yang akan dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui faktor signifikan, mengembangkan desain dan membuat purwarupa ruang auditorium berkemampuan telekonferensi terintegrasi sebagai sarana dalam upaya mewujudkan pendidikan berkualitas di era transfomasi digital pendidikan. Metode yang digunakan adalah design thingking untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dengan fokus pada kebutuhan pengguna ruang. Faktor-faktor signifikan dalam perancangan tersebut mencakup konfigurasi elemen interior, ergonomi, fitur adaptasi kebiasaan baru sistem pencahayaan, sistem perangkat telekonferensi, performa akustika, kenyamanan termal dan estetika ruang diamati, disusun ide pradesain, dievaluasi dengan simulasi dan disusun desain akhir yang diwujudkan menjadi purwarupa. Hasil purwarupa rancang bangun yang akan dihasilkan dari penelitian ini diharapkan secara khusus dapat menjadi role model untuk dikembangkan pada lingkungan ITS dan secara umum di instansi pendidikan lain sehingga mendukung pengembangan e-learning berkelanjutan yang mendukung transformasi digital menuju pendidikan berkualitas.