2021 : STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI KAWASAN PARIWISATA BOJONEGERO DENGAN PENDEKATAN MARKETING PLACES

Muchammad Nurif S.E., MT

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Jawa Timur karena memiliki potensi obyek wisata alam dan budaya yang telah mendapatkan perhatian wisatawan nusantara pada umumnya. Dalam kebijakan pengembangan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Jawa Timur 1999-2015 Kabupaten Bojonegoro meskipun bukan sebagai gerbang utama namun memiliki peran strategis untuk mendorong pertumbuhan kawasan di sekitarnya. Analisis pemetaan terhadap lingkungan eksternal dan internal menggunakan pendekatan Strategi Pemasaran Wilayah (Marketing Places) akan menghasilkan Positioning, Diferensiasi, dan Brand, potensi kawasan pariwisata Bojonegoro. Positioning- nya adalah ibarat Bali bagi Jawa Timur dengan kekhasan tetap memegang nilai-nilai religi dan kultur lokal setempat. Diferensiasi-nya adalah one-stopshopping services, pesona wisata yang tak berakhir, cantik alami, penduduknya yang santun, ramah dan mempesona. Brand-nya adalah Pesona Wisata Bojonegoro.