2021 : Analisis Kapabilitas Proses Pembelajaran di ITS berdasarkan Peraturan Akademik 2018

Dra. Lucia Aridinanti MS.

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pada tahun 2018 ITS telah mengubah Peraturan Akademik (PA) dari PA 2014 menjadi PA 2018. Salah satu komponen PA ITS 2018 yang berubah adalah standar nilai, yaitu untuk mencapai nilai A diperlukan skor minimal 86. Pada PA 2014 untuk mencapai nilai A hanya diprlukan skor nilai =81. Dengan perubahan ini ada dugaan kapabilitas proses pembelajaran di ITS akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapabilitas proses pembelajaran di ITS setelah PA 2018 diimplementasikan. Kapabilitas suatu proses dikatakan baik bila proses terkendali secara statistik, tingkat presisi tinggi yang dinyatakan oleh indeks kapabilitas Cp≥1, serta tingkat akurasi tinggi, dinyatakan oleh indeks Cpk≥1. Berdasarkan variabel kualitas hasil pembelajaran IPS (Indeks Prestasi Semester ) dan dengan menggunakan peta X ̅ dan peta R diperoleh bahwa proses pembelajaran di ITS pada tahun 2019 tidak terkendali secara statistik. Dalam hal ini ada 27% dari 37 departemen di ITS berada di luar batas kendali. Dan 73% departemen yang berada di dalam batas kendali mempunyai tingkat kapabilitas yang baik karena proses pembelajaran terkendali secara statistik dengan rata-rata IPS 3,13 dan batas kendali atas=3,28; Batas Kendali Bawah=2,98 serta indeks kapabilitas lebih dari 1, yaitu indeks Cp mencapai 1,401 dan indeks Cpk mencapai 1,233