2021 : ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERFORMA SISTEM E-GOVERNMENT LINTAS ORGANISASI PADA PEMERINTAHAN KOTA

Dr. Mudjahidin ST., MT

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Konteks: E-Government merupakan sistem penerapan Teknologi Informasi (TI) oleh pemerintah untuk membantu memberikan pelayanan masyarakat, administrasi, pengendalian sumber daya dan hal lain sebagai upaya menjalankan peran fungsi pemerintah kepada masyarakat. Sistem e-Government mempengaruhi organisasi untuk dapat memberikan performa pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta mencapai misi dalam meningkatkan kualitas layanan dengan efektif, efisien dan akuntabilitas. Pemerintah Kota adalah salah satu lembaga pemerintah di Indonesia yang telah menerapkan sistem e-Government khususnya sebagai keperluan administrasi antar lembaga. Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintahan Kota di bawah koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) adalah eSurat. Aplikasi ini dibuat untuk keperluan administrasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kota. Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi bahwa pengguna layanan e-Government lintas organisasi pada eSurat membutuhkan sistem yang memiliki performa semakin baik dari waktu ke waktu dengan melakukan evaluasi pengukuran dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi performa sistem e-Government lintas organisasi pada eSurat di Pemerintahan Kota. Selain itu Dari evaluasi yang dilakukan dapat menemukan kekuatan serta acuan baru sebagai bentuk strategi untuk meningkatkan performa efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas pada aplikasi eSurat serta perbaikan layanan yang direkomendasikan berdasarkan implikasi secara teoritis dari hubungan faktor yang diteliti. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan faktor-faktor yang dapat memengaruhi performa eSurat yang dikelola oleh Pemerintah Kota serta dapat memberikan saran untuk mengembangkan performa sistem e-Government lintas organisasi pada aplikasi eSurat berdasarkan faktor yang berpengaruh secara signifikan serta mendapatkan rekomendasi strategi yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan performa sistem e-Government lintas organisasi pada aplikasi eSurat di Pemerintah Kota. Metode: Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang telah dibuat dan tervalidasi dengan cara mendatangi langsung responden pada pengguna yang ada di Dinas-dinas Pemerintahan Kota. Metode pengelolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil: Hasil yang harus digaris bawahi pada implikasi penelitian ini yaitu pentingnya faktor dari budaya organisasi dan citizen-centric untuk meningkatkan tiga ukuran kinerja utama pada penelitian ini yaitu efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas. Selain itu kualitas informasi dapat meningkatkan performa efisiensi dan akuntabilitas, sedangkan kualitas sistem informasi dapat meningkatkan performa akuntabilitas saja. Sebagai tambahan, kurangnya pengalaman negatif, kepercayaan antar organisasi pada pertukaran informasi dan tujuan bersama antar lembaga dapat meningkatkan performa efisiensi. Selain itu juga dukungan prosedur administrasi dapat meningkatkan performa akuntabilitas dalam penerapan eSurat. Nilai Tambah: Penelitian ini bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mepengaruhi performa sistem e-Government lintas organisasi pada eSurat dan mendapatkan saran rekomendasi sebagai upaya strategi yang dapat digunakan untuk peningkatan performa eSurat.. Selain itu penelitian ini dapat digunakan untuk implementasi dan pengembangan model pada penelitian selanjutnya.