2021 : PERSEPSI AKUSTIK PADA RUANG PAMER BERMULTIMEDIA BERBASIS PENGUJIAN PURWARUPA RUANG

Thomas Ari Kristianto S.Sn., MT

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Dalam Sustainable development goals dicanangkan mengenai tujuan pembangunan berkelanjutan adalah pendidikan berkualitas. Pendidikan dapat bermakna luas baik melalui proses formal melalui lembaga pendidikan maupun non formal seperti contohnya edukasi pada masyarakat luas. Ruang pamer bermultimedia saat ini telah banyak dibangun sebagai bangunan publik dengan fungsi edukasi pada masyarakat. Tema edukasi dapat beragam namun diketahui bahwa pola pembangunan semakin banyak dilakukan, sehingga aspek-aspek yang mendukung edukasi tersebut mendesak untuk diteliti. Desain akustik ruang merupakan desain yang membutuhkan perhatian khusus terkait pengaplikasian material serta tata letak furnitur yang ada di dalam ruang. Seorang desainer interior perlu melakukan koordinasi dengan arsitek dan acousticians guna mencapai desain dengan estetika yang sesuai dengan konsep sekaligus dapat menyalurkan gelombang bunyi yang diinginkan pada pengguna ruang secara efektif. Pengondisian simulasi akustik ruang menimbulkan banyak hambatan khususnya dialami oleh desainer interior, arsitek dan acousticians. Hal tersebut dikarenakan sering ditemui terjadinya pengunduran waktu untuk mendapatkan feedback dari sebuah rancangan akustik. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pengaplikasian simulasi akustik dalam ruangan saat ini telah banyak didukung oleh beberapa software. Namun simulasi akustik perlu divalidasi dengan pengujian langsung menggunakan purwarupa untuk mendapatkan hasil rancangan yang optimum. Penelitian ini bertujuan untuk menguji performa akustika purwarupa ruang pamer bermultimedia dalam mendukung fungsi ruang pamer dengan variabel yang diamati adalah persepsi akustik pengguna. Pengujian menggunakan purwarupa ruang pamer bermultimedia tipikal kecil. Konfigurasi purwarupa telah direncanakan dengan basis tipikal ruang pamer dari penelitian terdahulu. Hasil yang dituju adalah pola persepsi akustika pengguna berdasarkan konfigurasi purwarupa yang diujikan. Diharapkan dari penelitian dapat disimpulkan konfigurasi ruang pamer bermultimedia tipikal kecil yang optimum secara akustik untuk digunakan pada rancangan di masa yang akan datang. Dengan konfigurasi akustik optimum pada interior dapat membantu upaya edukasi melalui ruang pamer bermultimedia sehingga dapat terwujud tujuan pembangunan berkelanjutan dengan aspek pendidikan berkualitas.