2021 : PENGEMBANGAN MODEL NUMERIK AUTOMATIC SHIP COLLISION AVOIDANCE BERBASIS REAL TIME SIMULTANEOUS MANEUVERING MOTIONS UNTUK INTELLIGENCE BOAT

Dr.Eng Yuda Apri Hermawan S.T., M.T

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perkembangan teknologi di dunia telah berkembang dengan sangat pesat dan mendorong terjadinya revolusi industri 4.0. Salah satu perwujudan dari industri 4.0 di bidang maritim adalah dikembangkannya kapal tanpa awak (autonomous ship) yaitu kapal yang dapat berjalan dan beroperasi secara otomatis dengan atau tanpa bantuan manusia. Saat ini, studi dan pengembangan kapal autonomous tidak hanya fokus pada kemampuan kapal untuk dapat berjalan secara otomatis tetapi telah berkembang pada pengembangan kemampuan kapal untuk dapat menghindari tabrakan secara otomatis (intelligence ship). Dalam beberapa tahun terakhir, riset tentang automatic collision avoidance dikembangkan untuk mendukung konsep intelligence ship di mana pada autonomic collosion avoidance diperlukan ship motion model untuk memprediksi gerakan kapal. Namun, pengembagan automatic collision avoidance pada umumnya didasarkan pada simplifikasi ship motion model yang mengabaikan efek dinamis motion kapal serta gaya lingkungan yang bekerja pada kapal. Dalam penelitian ini, pengembangan model numerik automatic ship collision avoidance dilakukan dengan didasarkan pada ship maneuvering motion model. Efek dinamik motion kapal dan gaya lingkungan dipertimbangkan dalam model motion kapal berbasis MMG model. Integrasi kedua model juga dilakukan agar kedua model dapat saling melakukan update data (gerakan kapal, gaya yang bekerja pada kapal dan action plan untuk collision avoidance) dalam setiap fungsi waktu sehingga dapat memprediksi gerakan dan action plan setiap saat. Pengembangan automatic ship collision avoidance diawali dengan pengembangan algoritma automatic path following yang selanjutnya diintegrasikan dengan model numerik automatic ship collision avoidance. Integrasi dari ahip maneuvering model, automatic path following dan automatic ship collision avoidance yang dikembangkan diharapkan akan dapat menjadi tool untuk automatic ship collision avoidance yang lebih dapat merepresentasikan kondisi sebenarnya. Hasil luaran yang ditargetkan pada penelitian ini adalah model numerik automatic ship collision avoidance yang didasarkan pada ship maneuvering motion yang dapat secara simultan dan real time memprediksi gerakan kapal dan action plan untuk collision avoidance. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipublikasikan pada jurnal bereputasi minimal Q2 Scopus atau bahkan Q1 Scopus.