2021 : INTERGRASI ITS MEDIA CENTER SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN CITRA DAN PROMOSI ITS

Indah Tri Sukmawati, S.Sos

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia memiliki tema strategis ID 4.0 yang tertuang dalam Rencana Strategis (RENSTRA) ITS Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) 2021-2025 meliputi Internal Enhancement; Digital Transformation; Inovation Development; dan International Reputation. Unit Komunikasi Publik (UKP) merupakan salah satu unit di bawah naungan Sekretaris Institut ITS (SEKITS) yang mendukung ITS dalam mencapai strategi tersebut, terutama pada International Reputation. ITS memiliki kanal resmi media yang terdiri dari website yang dikelola oleh ITS Website Team, pemberitaan yang dikelola oleh ITS Online, kanal youtube yang dikelola oleh ITS TV, Ilustrasi publikasi yang dikelola oleh ITS Desain, serta ITS Social Media yang mengelola akun resmi media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Line. Pengelolaan kanal resmi media ini dilakukan oleh tim yang berbeda dan mempunyai kebijakan, target dan program kerja masing-masing. Perlunya sebuah kajian mengenai kebijakan komunikasi publik ITS agar dapat mengintegrasikan semua media yang di miliki untuk menghadapi era industri 4.0. Tujuan utama UKP ITS adalah membangun citra dan promosi ITS melalui kanal resmi, sehingga rilis berita tentang ITS bisa dipublikasikan secara luas. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa terhadap kondisi pengelolaan kanal resmi media oleh masing-masing tim. Berdasarkan hasil analisa tersebut, selanjutnya akan disusun strategi pengelolaan kanal resmi media yang terpusat menjadi ITS Media Center atau Pusat Media ITS. ITS Media Center merupakan sebuah bentuk integrasi media internal ITS yang dapat menjadi solusi peningkatan citra dan promosi ITS ke tingkat nasional dan internasional.