2021 : ANALISA WEBSITE DI ITS DALAM MENYUSUN REKOMENDASI STRATEGI PENINGKATAN RESEARCH PAPER VISIBILITY UNTUK MENDUKUNG ITS WORLD CLASS UNIVERSITY

Edy Suprayitno S.S., M.Hum

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Tugas Institusi/Lembaga yang menentukan peringkat perguruan tinggi secara mendunia seperti Times Higher Education, Academic Record of World Class University maupun Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan dunia dengan mengevaluasi dan menilai layak muncul dalam daftar peringkat perguruan tinggi dunia. Dalam hal ini berjalan seiring dengan satu dari beberapa kebijakan strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait kebijakan pemerataan dan perluasan akses, kualitas dan daya saing lulusan akademisi pada pendidikan tinggi. Untuk kategori penilaian pemeringkatan, setiap perguruan tinggi berupaya meningkatkan nilai berdasarkan kriteria institusi/lembaga tersebut di atas (THE, ARWU, dan Webo) dengan memuat kebijakan rekomendasi strategi research paper visibility. Garis besar strategi yang ditetapkan harus memperhitungkan semua kriteria penilaian peringkat global. Peningkatan visibility guna mendukung ranking perguruan tinggi dengan merencanakan dan melaksanakan strategi dari alat pembanding menjadi instrumen strategi.Cara praktis yang dapat dilakukan untuk masuk dalam peringkat dunia di webometrics dengan memanfaatkan metode Search Engineering Optimization (SEO) yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Pelaksanaan metode yang telah ditetapkan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas konten supaya nilai pada indikator rekomendasi research paper visibility webometrics perguruan tinggi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akses sumber daya informasi karya ilmiah dari perguruan tinggi, dengan melakukan analisis penggunaan metode SEO serta mengidentifikasi metode SEO yang efektif digunakan untuk meningkatkan visibility dalam pemeringkatan dunia secara global. Adapun tahapan pada proses penelitian ini, antara lain; pengumpulan data, perhitungan visibility tiap perguruan tinggi periode Juli 2019, analisis pada tiap tools SEO terhadap masing – masing perguruan tinggi, perhitungan visibility tiap perguruan tinggi periode Januari 2020, analisis hasil kondisi setelah upaya peningkatan visibility, evaluasi dan strategi jangka panjang.