2021 : SKENARIO KEMAMPUAN BERTAHAN UKM TERHADAP PANDEMI COVID-19 DALAM FRAME SOCIAL COMMERCE

Dr. Apol Pribadi Subriadi ST., MT.

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Permasalahan kelangsungan hidup UKM di Indonesia menjadi semakin besar ketika Pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia. UKM di Indonesia telah mengalami dampak negative COVID-19 terhadap proses bisnisnya, dan sebayank 75 % diantaranya mengalami penurunan penjualan. Hal tersebut disebabkan selama pandemi COVID-19, UKM sangat terpengaruh oleh kesulitan di sisi penawaran dan permintaan, seperti membatasi interaksi pelanggan, ketersediaan karyawan, serta masalah rantai pasokan yang lebih besar. Dengan demikian kemampuan bertahan (survivability) UKM perlu ditingkatkan agar kelangsungan hidup UKM tetap terjaga. Social commerce yang memadukan penjualan e-commerce dengan interaksi social, menurut berbagai penelitian dapat meningkatkan penjualan dibandingkan menggunakan e-commerce tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun skenario kemampuan bertahan UKM terhadap Pandemi COVID-19 dalam Frame Social Commerce. Skenario merupakan hasil pemetaan dari faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bertahan UKM yang disesuaikan dengan framework social commerce. Penelitian ini menggunakan metode action research untuk menerapkan skenario yang telah disusun dimana peneliti akan terlibat langsung dalam implementasi tersebut.