2020 : Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Sebagai Sarana Belajar di Area Eks-Lokalisasi

Nurina Orta Darmawati ST., M.Ds.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Baca dan tulis adalah salah satu sarana dalam mendukung pendidikan pada anak usia dini untuk membantu mereka agar tumbuh berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pengajaran baca tulis dimulai dengan mengajarkan pengenalan huruf baik secara penulisan dan pengucapannya. Sebagai salah satu bahasa yang kerap penting diajarkan dalam Islam adalah bahasa arab dengan mengenalkan huruf-huruf hijaiyahnya. Banyak metode pembelajaran dalam mengenalkan dan mengajarkan huruf hijaiyah, salah satu metode yang paling banyak dipakai adalah adalah metode Iqro’. Namun, sistem pembelajaran Iqro’ masih sangat konvensional mengingat semakin majunya perkembangan teknologi yang berpengaruh pada kondisi psikologis anak pada generasi teknologi atau disebut generasi alfa. Pada penulisan ini akan menjelaskan aplikasi yang kami tawarkan untuk membantu upaya mencerdaskan anak untuk dapat mengenal, membaca, dan menulis huruf hijaiyah dengan metode Iqro’ yang interaktif guna menarik minat baca tulis anak dengan bimbingan orang tua maupun gurunya.