2021 : ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN PUBLIK BERBASIS MOBILE APLICATION (STUDI KASUS: DIGITAL PARKING)

Dr. Eng Erwin Widodo ST., M.Eng.

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan dampak yang signifikan dalam perubahan perilaku masyarakat kehidupan sehari-hari. Dalam era digital ini, jumlah pengguna smartphone dan internet di seluruh dunia terus meningkat dengan pesat. Fenomena ini juga berdampak perubahan perilaku pengguna kendaraan bermotor terkait layanan publik tentang perparkiran. Layanan parkir yang praktis, cepat dan tepat guna, berbasis TIK adalah sebuah kebutuhan. Sebuah inisiatif yang dapat dijadikan contoh penerapan innovation terkait pembaharuan sistem perparkiran terjadi di Kabupaten Sidoarjo di Jawa Timur. Sistem parkir berlangganan yang semula diterapkan terbukti kurang efektif dalam meningkatkan layanan public. Selain itu tingkat kebocoran potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir juga menghambat peningkatan efisiensi. Untuk itu sebuah usulan tentang perubahan pada sistem parkir konvensional menjadi sistem parkir digital dilaksanakan. Pengelolaan sistem parkir digital mengutamakan aspek peningkatan layanan publik dan dapat meningkatkan efisiensi PAD dapat dilaksanakan bila sebuah kajian analisis yang obyektif dan berbasis pada pendekatan sistematis tentang kesuksesan layanan publik berbasis mobile application terlebih dahulu dikerjakan. Sistem parkir digital akan melibatkan penguna smartphone sehingga user interface aplikasi juga harus dipertimbangkan agar dapat mengevaluasi kemudahan pengguna. Sebuah aplikasi dapat dikategorikan baik atau sukses jika mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna dan pengguna tahu dan dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap, menemukan dan membuktikan faktor-faktor penentu kesuksesan implementasi mobile application untuk layanan publik. Studi kasus yang dipilih adalah sistem parkir digital yang akan diterapkan di Kabupaten Sidoarjo. Untuk menguji dan menganalisa faktor dan hipotesa yang ada, pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) dimanfaatkan. Pendekatan ini mengkombinasikan tools analisis faktor dan analisis regresi berganda. SEM juga mampu menganalisa hubungan strukturan antara variable terukur dan variabel laten. Selanjutnya pendekatan Technology Accpetance Model (TAM) yang digunakan untuk menilai kualitas dan penerimaan masyarakat terhadap sistem parkir digital melalui penggunaan mobile application. Faktor penentu kesuksesan implementasi ini selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan dasar untuk pemerintah dan tidak menutup kemungkinan bagi swasta, dalam pembangunan sistem parkir digital, baik dalam cakupan kapasitas yang lebih besar atau diterapkan di pemerintah daerah lain ataupun bahkan di seluruh dunia