2020 : PENGEMBANGAN KONSEP BRAND IDENTITY ITS MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

Bambang Mardiono Soewito S.Sn, M.Sn
Sayatman S.Sn., M.Si.
Naufan Noordyanto S.Sn., M.Sn

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Brand Identity merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah entitas, antara lain sebagai tanda kepemilikan, jaminan kualitas, mencegah peniruan atau pembajakan. Selain berfungsi sebagai ciri dan sarana identifikasi, Brand Identity juga dapat berfungsi sebagai alat pemasaran dan komunikasi entitas tersebut. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai sebuah entitas pendidikan tinggi teknologi terkemuka di Indonesia sudah saatnya membangun brand-nya secara lebih konsisten, komprehensif dan terintegrasi sebagai bagian dari upaya penguatan visi misi ITS menuju Word Class University. Karena penggunaan brand identity secara konsisten sangat penting untuk membangun brand image ITS dalam kontestasi global di tahap selanjutnya. Meskipun secara mendasar ITS sudah memiliki atribut-atribut identitas visual formal sebagaimana diatur dalam statutanya. Namun asset identitas tersebut masih belum optimal dalam pengelolaan dan implementasinya. Sehingga perlu dikembangkan lebih komprehensif sebagai Brand Identity yang konsisten dan terintegrasi. Melalui pendekatan metode desain dan branding penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep Brand Identity ITS secara lebih komprehensif, konsisten dan terintegrasi. Hasil desainnya diharapkan dapat menjadi panduan bagi ITS dalam implementasinya secara konsisten untuk kebutuhan internal dan eksternal institut. Luaran dari penelitian ini antara lain berupa brand guideline sebagai pedoman penggunaan brand dan identitas visual di lingkungan ITS, contohnya media administrasi kantor (office stationery) dan perangkat promosi (promotion tools), benda souvenir (merchandise), papan petunjuk (sign system), seragam (uniform), kendaraan operasional (vehicle) atau elemen grafis lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rekomendasi kebijakan pimpinan dalam penerapan system identitas visual di lingkungan ITS. Sehingga melalui penggunaan Identitas Brand yang teratur dan konsisten diharapkan dapat memberikan dampak maksimal dalam menguatkan brand ITS menuju World Class University. Kata Kunci: Brand Identity; Identitas Visual, Branding ITS.