2020 : Analisa Pengembangan Katup Hisap pada Mesin Berbahan Bakar Ganda guna Meningkatkan Unjuk Kerja Mesin

Prof. Semin ST, MT.,Ph.D

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perbedaan propertis bahan bakar diesel dan CNG berpengaruh terhadap penurunan daya, torsi, tekanan ruang bakar dan panas yang dilepaskan mesin terutama pada beban rendah. Pergerakan udara dan gas yang masuk keruang bakar adalah salah satu faktor untuk memperbaiki proses pembakaran dan meningkatkan unjuk kerja mesin dual fuel. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan instensitas turbulen dan menambah kecepatan aliran udara dan gas saat langkah hisap. Penelitian ini berinovasi pada penambahan fin pada katup hisap untuk meningkatkan aliran turbulensi pada ruang bakar guna meningkatkan unjuk kerja dual fuel. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahapan, dengan metode eksperimen dan simulasi. Tahap pertama adalah memodelkan aliran pada katup hisap original dan katup hisap dengan 3, 4 dan 5 fin menggunakan software CFD SolidWork. Selanjutnya adalah tahap pemodelan mesin menggunakan software GT-Power. Hasil simulasi dari dua pemodelan ini selanjutnya akan divalidasi dengan hasil eksperimen pada nilai error kurang dari 5%. Validasi antara simulasi dan eksperimen dilakukan pada parameter yang sama. Setelah validasi, selanjutnya adalah memodelkan variasi swirl number 0 - 4 (interval 0,5) pada software GT-Power. Tahap terakhir adalah melakukan eksperimen pada mesin untuk mengetahui pengaruh fin pada katup hisap terhadap unjuk kerja yang dihasilkan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan katup hisap original dan katup hisap dengan penambahan 3 fin, 4 fin dan 5 fin. Pada penelitian ini luaran yang ditargetkan berupa dua jurnal internasional terindeks Scopus (Q2 dan Q3) atau Thomon Router. Luaran berupa jurnal internasional akan dikirimkan ke International Journal of Technology (IJTEC) (Q2) dan International Review on Modelling and Simulations (IREMOS) (Q3).