2020 : ANALISA BEBAN KERJA MENTAL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA SISTEM PERKULIAHAN ONLINE

Dyah Santhi Dewi S.T, M.Eng.Sc, Ph.D

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan perkuliahan daring secara penuh pada tahun ajaran 2019/2020 periode genap. Langkah ini diambil sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi persebaran pandemi COVID-19 yang saat ini sedang terjadi di hampir seluruh penjuru dunia. Adanya perubahan model perkuliahan tersebut, menuntut mahasiswa melakukan beberapa penyesuaian. Dengan adanya kondisi ini diperlukan peninjauan kembali terkait beberapa gejala dan dampak yang akan timbul. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran terhadap gejala – gejala yang timbul, seperti beban kerja mental, tingkat stres, dan tingkat motivasi belajar. Dengan adanya pengukuran tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran bagi institusi untuk pengembangan konsep belajar daring selanjutnya. Dalam melakukan pengukuran gejala-gejala tersebut digunakan beberapa metode, yang terdiri beban kerja mental dengan metode DRAWS (Defence Research Agency Workload Scale), tingkat stres dengan instrumen pengukuran The Student-life Stress Inventory, dan untuk tingkat motivasi belajar dengan instrumen pengukuran Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ).