2021 : Pengembangan iAssesment, Aplikasi Cerdas Berbasis Algoritma Rule-Based Fuzzy untuk Penilaian Kompetensi Peserta Didik dan Pengukuran Efektivitas pada Pembelajaran Jarak Jauh

Dr. Umi Laili Yuhana S.Kom., M.Sc.

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pada awal tahun 2020, terjadi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga tahun 2021. Dengan banyaknya kasus positif di Indonesia terjadi perubahan pada hampir semua aspek di dunia, tidak terkecuali aspek pendidikan. Akibat pandemi COVID-19, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh melalui teleconferences dan platform e-learning. Namun, peralihan skema pembelajaran ini perlu dibarengi dengan kesiapan sarana dan prasana yang cukup, baik bagi tenaga pendidik maupun peserta didik. Efektivitas pembelajaran jarak jauh dapat diragukan akibat dari ketidaksiapan peserta didik, sarana, dan prasarana dalam penerapan pembelajaran daring secara tiba-tiba sehingga berdampak pada capaian kompetensi peserta didik. Salah satu cara mengukur keberhasilan pembelajaran adalah dengan melakukan penilaian, baik penilaian terhadap kompetensi siswa maupun penilaian terhadap efektifitas belajar mengajar dengan daring. Dalam penilaian kompetensi, siswa yang kurang mampu banyak yang melakuan penebakan dalam menjawab ujian. Penebakan biasanya disebabkan karena peserta didik belum menguasai kemampuan yang diwakili oleh soal tersebut. Hal ini dapat menyebabkan proses penilaian kompetensi menjadi tidak valid. Faktor-faktro yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran jarak jauh juga perlu diketahui untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran daring. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara untuk mengetahui tingkat kompetensi peserta didik yang dapat mengidentifikasi dengan tepat kompetensi yang dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran secara daring. Analisis terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran jarak jauh juga diperlukan. Melalui penelitian ini, peneliti mengusulkan pengembangan aplikasi I-Assessment yang menerapkan penilaian secara adaptif yang dapat memilihkan soal sesuai kemampuan peserta tes dengan mempertimbangkan perilaku menebak yang dilakukan peserta tes. Penelitian ini juga mengusulkan sebuah metode yang merupakan ekstensi dari The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu guru dalam melakukan penilaian kemampuan siswa secara objektif dan dinamis dan memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran jarak jauh.