2021 : OPTIMASI ZONASI DAN PROPORSI SECARA SIMULTAN UNTUK PARKING SPACE UNIT MENGGUNAKAN R PROGRAMMING

Dr. Eng Erwin Widodo ST., M.Eng.

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pengelolaan parkir secara sistematis dan menyeluruh menjadi sebuah kebutuhan yang bersifat penting bagi pemerintah daerah pada saat telah muncul indikasi berupa permintaan masyarakat terkait dengan peningkatan layanan publik. Tuntutan ini didukung oleh adanya inisiatif dari pemerintah daerah berupa program kerja terkait innovation peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Pengelolaan parkir ini semakin bersifat kritikal pada saat didapat fakta bahwa pendapatan retribusi parkir masih dibawah potensi yang ada. Faktor eksternal terkait dengan kemajuan di bidang information and communication technology (ICT) juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan. Berdasarkan survey yang dilakukan dalam kegiatan penelitian sebelumnya, didapatkan hasil bahwa masyarakat memiliki kesiapan dan permintaan yang tinggi terhadap sebuah sistem pengelolaan parkir yang bersifat digital dan memanfaatkan platform mobile applications (m-apps). Berdasarkan kajian literatur terkait dengan current advancement dalam pengelolaan digital parking dan fakta yang ada di lapangan, pada proposal ini tim peneliti mengajukan sebuah rencana penelitian yang merupakan kelanjutan dari tahapan penelitian sebelumnya. Terdapat dua tahap yang diusulkan yakni tahap optimasi zonasi dan tahap optimasi proporsi. Tahap pertama yakni optimasi zonasi berisi penyusunan model matematis analitis dan metode pencarian solusi untuk menentukan bagaimana zona parkir digital dan zona parkir konvensional harus ditentukan. Dikarenakan digital parking merubah mekanisme pengelolaan parkir dari konvensional menjadi digital, maka pada periode awal implementasi, dipandang perlu untuk tetap memberikan alokasi zona parkir yang masih memperbolehkan penerapan parkir konvensional. Pada tahap kedua yakni optimasi proporsi, adalah tahapan yang berisi langkah penyusunan model dan teknik solusi untuk menentukan proporsi yang optimal di setiap zona. Proporsi ini berupa persentase parkir digital dan prosentasi parkir konvensional. Dua tahap ini dirancang secara simultan untuk menangkap dinamika riil di pengelolaan digital parking. Adapun alat yang dipilih dalam penelitian ini adalah R-Programming dikarenakan sifatnya yang non-komersil dan open platform. Dengan adanya model, proses optimasi yang autonomous diharapkan hasil pengelolaan parkir digital bisa berada di tingkat maksimasi potensi pendapatan yang ditargetkan dengan tetap mempertahankan cita-cita peningkatan layanan publik dengan memanfaatkan kemajuan ICT yang ada. Keywords: digital parking, parking space unit, optimasi zonasi, optimasi proporsi, R-programming Sustainable Development Goals: SDG 8 Decent work & economic growth - Innovation