2021 : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Beauty-Tech’s Social Shopping Community Menggunakan Structural Equation Modelling dengan Variabel Moderasi UGC Level

Ika Nurkasanah , S.Kom., M.Sc

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Jumlah pengguna media sosial di Indonesia semakin meningkat seiring dengan adanya kemudahan akses informasi, salah satunya mengenai tren gaya hidup. Beauty-tech startup merupakan tren bisnis digital yang menjual produk kecantikan dan berfokus pada pengembangan Social Shopping Community (SSC). SSC adalah situs web belanja online yang dapat digunakan untuk berbelanja sekaligus berinteraksi dengan sesama pengguna melalui informasi yang mereka bagikan. Rekomendasi produk online merupakan salah satu layanan terpenting yang diberikan oleh SSC. SSC yang ada di Indonesia dan dijadikan sebagai objek pada penelitian ini yaitu SOCO, Beautylish, dan Allyoung. Permasalahan krusial yang dihadapi adalah bagaimana perusahaan beauty-tech dapat bertahan dengan persaingan ketat di dalam jenis industri tersebut. SSC menjadi salah satu strategi kompetitif untuk mempromosikan produknya yang diharapkan juga mampu meningkatkan loyalitas pengguna melalui layanan jelajah online. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pengukuran terhadap variabel-variabel yang berpengaruh pada keputusan pelanggan untuk loyal pada SSC industri kecantikan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melakukan analisis hubungan struktural pengaruh rekomendasi produk online sebagai salah satu faktor pengambilan keputusan pembelian serta implikasinya pada customer loyalty. Untuk melakukan penelitian tersebut tim akan mempertimbangkan pengaruh variabel moderasi UGC level, meningkatkan variabel terukur, dan mendapatkan variabel lain yang dapat berpengaruh. Adapun pengambilan data dilakukan melalui survei online yang diberikan kepada pengguna SSC (SOCO, Beautylish, dan Allyoung) dengan jumlah data yang digunakan minimal 200 data dengan kriteria responden yaitu generasi milenial dengan rentang usia 17-39 tahun, berdomisili di Indonesia, dan tidak terbatas pada pekerjaan apapun. Data kemudian diolah menggunakan SPSS untuk melakukan uji asumsi klasik. Untuk menguji model digunakan metode confirmatory factor analysis dan untuk menguji hipotesis dilakuan pemodelan structural equation modelling. Luaran yang akan dihasilkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil analisis faktor – faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada SSC produk kecantikan, dan 2) Tugas akhir, 3) publikasi yang akan dilakukan di Seminar Internasional teindeks Scopus (ISICO) / Jurnal Internasional Q4 (International Journal of Customer Relationship Marketing and Management) / Jurnal Nasional Terindeks SINTA (Sisfo).