2021 : Simulasi dan Uji Ekperimental Kinerja Turbin Vortex Open Flume dengan Variasi Inlet Notch, Level Air pada Rotation Tank dan Geometri Draft Tube

Erna Septyaningrum ST., MT

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pengembangan energi hidro sebagai energi terbarukan di Indonesia merupakan salah satu program pemerintah yang pelakasanaannya telah didikung oleh berbagai peraturan perundah undangan, diantaranya Peraturan Pemneritan No 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional serta Peraturan Presiden No. 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional. Pengembangan energi hidro juga telah masuk ke dalam Rencana Usaha Penyediaan Energi Listrik (RUPTL). Hal ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goal (SDG) khususnya tujuan ke tujuh, yaitu menyediakan energi yang terjangakau dan bersih (affordable and clean energy). Turbin vorteks open flume merupakan salah satu jenis turbin hidro yang potensial sebagai alat pengkonversi energi air dengan head rendah. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan basin turbin vorteks open flume, terutama untuk mengetahui efek notch angle, vortex high dan draft tube terhadap performansi dari turbin. Metode eksperimen dan metode simulasi Computational Fluid Dynamic digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Metode eksperimen dilakukan untuk memperoleh data berupa kecepatan aliran, RPM dan torsi pada poros. Data ekseperimen tersebut digunakan sebagai data input pada simulasi sehingga dari simulasi akan diperoleh hasil streamline kecepatan, tekanan, isosurface yang digunakan sebagai analisan pendukung untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang tidak dapat dilihat ketika eksperimen. Berdasarkan eksperimen dan simulasi diperoleh hasil bahwa daya poros terbesar yaitu 4,06 W dengan konfigurasi sudut inlet sebesar 13Ëš, ketinggian air didalam rotation tank 300 mm dan posisi draft tube 100 mm dibawah tail race, sedangkan daya poros terendah sebesar 1,56 W dengan konfigurasi sudut inlet 0Ëš, ketinggian air 100 mm dan posisi draft tube 100 mm diatas tail race. Nilai effisiensi pada penelitian ini terdiri dari 3 macam berdasarkan debit alirannya, dari ketiga macam effisiensi diperoleh effisiensi tertinggi pada kondisi draft tube 100 mm dibawah tail race. Sehingga posisi dari draft tube memberikan pengaruh terhadap effisiensi turbin.