2020 : PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY (VR) MOBIL LISTRIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PROMOSI

Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Ridho Rahman Hariadi S.Kom, M.Sc
Didit Prasetyo S.T., M.T.
Imam Wahyudi Farid ST., MT
Hadziq Fabroyir S.Kom., Ph.D


Abstract

Pembelajaran pada era industri 4.0 telah meliputi segala bidang dan menembus ruang batas topic akademik. Salah satu inovasi yang harus diangkat adalah sebuah media pembelajaran dengan menggunakan Virtual Reality (VR). Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. VR adalah sebuah inovasi teknologi yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar pada era industri 4.0. VR dapat dikembangkan untuk berbagai macam topik. Teknologi VR memungkinkan simulasi benda nyata menjadi benda maya atau objek tiga dimensi dalam waktu yang nyata. Simulasi ini dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Pada umumnya untuk menunjukkan sebuah benda, alat, ataupun perangkat dalam proses belajar mengajar, digunakan gambar dua dimensi dari buku ataupun internet. Sehingga terkadang objek asli tiga dimensi dari benda tersebut tidak dapat diketahui secara langsung. Dan teknologi VR dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga pelajar (siswa / mahasiswa) dapat mengetahui secara nyata bentuk objek yang sedang diajarkan. Ada banyak produk inovasi yang dikembangkan di ITS seperti kendaraan Nogo Geni, Sapu Angin, dan Lowo Ireng. Untuk membantu proses pengenalan, pembelajaran serta promosi produk inovasi ini, ITS perlu melakukan pengembangan perangkat inovasi dengan menggunakan teknologi VR. Diharapkan dengan menggunakan teknologi VR, proses pengenalan, pembelajaran serta promosi produk-produk ini dapat dilakukan secara unik dan menarik. Sehingga nantinya pelajar dan masyarakat tidak hanya dapat mengenal produk inovasi tersebut, lebih lanjut pelajar dan masyarakat umum dapat mencoba simulasi dalam mengendarai kendaraan tersebut dengan menggunakan teknologi VR. Target lain dari pembuatan aplikasi / software VR adalah dihasilkannya paten milik ITS yang berkaitan dengan simulasi mobil listrik. Paten produk ini dapat dijadikan standard untuk pembuatan, simulasi dan transfer pengetahuan tentang mobil listrik di Indonesia. Kata kunci: Pembelajaran, Virtual Reality, Lowo Ireng, Mobil Listrik