2020 : PERANCANGAN MOBILE APPS PANDUAN WISATA JELAJAH KOTA TUA SURABAYA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA

Bambang Mardiono Soewito S.Sn, M.Sn
Senja Aprela Agustin ST.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Surabaya sebagai kota terbesar ke dua di Indonesia memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Kota ini berkembang seiring semangatnya menata perwajahan kota yang dapat menunjang aktivitas city branding yang baik. Keberadaan kota tua ini cukup potensial untuk dikunjungi baik wisatawan lokal, dalam negeri dan luar negeri. Arsitektur dan kehidupan percampuran etnisnya menjadi daya tarik pariwisata Surabaya. Wisatawan antusias mencari informasinya, terutama melalui media internet. Salah satu media yang sesuai untuk menyasar segementasi yang berminat menjelajahi Kota Tua Surabaya adalah platform aplikasi (mobile application) yang dapat dengan mudah menjangkau pengguna karena kelengkapan informasi yang dapat diakses setiap saat. Melalui perancangan mobile apps wisata Kota Tua Surabaya ini, pengguna mendapat panduan baik sejarah, budaya, perkembangan kota, kuliner, agenda even kota dan akomodasi (seperti hotel, restoran dan pusat belanja). Harapannya dengan adanya aplikasi wisata Kota Tua Surabaya ini, perekonomian sekitar destinasi wisata akan meningkat, demikian pula dengan perbaikan infrastruktur sekitas supaya lebih nyaman dan mampu memenuhi kebutuhan wisatawan.