2020 : STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM (STUDI KASUS KERIPIK KULIT KEBAB UD. MISSCRIP)

Putri Dwitasari ST., M.Ds.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Semakin meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Surabaya menuntut pemilik UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk perkembangan produk mereka. Dari pesatnya perkembangan teknologi membuat para pelaku UMKM harus segera beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran modern. Studi kasus dalam penelitian ini adalah UD. Misscrip yakni UMKM yang memproduksi tortilla chips (kulit kebab) dengan rasa khas buatan rumah yang berlokasi di Jl Rungkut Lor II/17 yang juga merupakan bagian dari Kampung Kue Penjaringan Surabaya. Strategi digital marketing adalah salah satu pemasaran modern atau pemasaran go online yang sangat mendukung kegiatan masyarakat sehari-hari. Melakukan pemasaran menggunakan media online, tidak hanya dapat menghemat biaya promosi tetapi akan lebih mudah menarik konsumen baru yang akan menghasilkan banyak keuntungan bagi UMKM. Penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan website merupakan alternatif media online yang dapat digunakan untuk mendorong tingkat pembelian dan juga membantu mendorong citra produk UMKM kecil menjadi pusat perhatian konsumsi dalam masyarakat dan berkembang menjadi lebih besar lagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi lapangan atau observasi, wawancara, serta studi pasar. Tahap berikutnya adalah mengumpulkan informasi yang telah di dapat sebagai bahan riset, memetakan konsep, analisis konsep desain, dan merancang alternatif desain. Penelitian ini akan digunakan sebagai rekomendasi bagi UMKM untuk melakukan pengembangan promosi yang mengarah kepada digital marketing. Keyword: digital marketing, media sosial, UMKM, UD Misscrip