2020 : DESAIN SIMULATOR HARDWARE-IN-THE-LOOP SISTEM HYBRID BATERAI DAN SUPERKAPASITOR UNTUK KENDARAAN LISTRIK

Vita Lystianingrum B.P. ST., M.Sc., Ph.D

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Sistem penyimpan energi adalah suatu bagian utama kendaraan listrik. Sistem penyimpan energi harus dapat memenuhi kebutuhan daya dan energi dari kendaraan listrik. Salah satu penyimpan energi yang telah umum yaitu baterai memiliki kerapatan energi yang besar tetapi kerapatan dayanya kecil. Superkapasitor, suatu penyimpan energi yang penggunaannya belum seluas baterai, memiliki kerapatan daya yang besar walaupun kerapatan energinya kecil. Suatu sistem penyimpan energi hybrid menggabungkan keunggulan dari dua atau lebih penyimpan energi, dan dalam penelitian ini adalah baterai dan superkapasitor. Implementasi dari sistem penyimpan energi hybrid baterai/superkapasitor untuk kendaraan listrik membutuhkan biaya yang besar dan sistem yang kompleks serta rumit. Oleh sebab itu, simulator hardware-in-the-loop (HIL) diusulkan dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Simulator HIL memanfaatkan hardware-hardware yang tersedia di laboratorium, seperti mesin DC yang dapat meniru akselerasi dan deselarasi pada kendaraan listrik. Penelitian ini akan mendesain simulator HIL sistem hybrid baterai dan superkapasitor untuk sumber energi kendaraan listrik. Simulator kendaraan akan menggunakan mesin DC. Metode pembagian daya dalam penelitan ini menggunakan metode low pass filter (LPF). LPF digunakan agar baterai tidak terkena frekuensi tinggi akibat perubahan profil daya yang cepat. Tegangan bus DC dipertahankan konstan dengan menggunkan PI control. Komponen error dari arus baterai digunakan untuk mengontrol arus charge/discharge superkapasitor. Performa penyimpan energi hybrid ini serta pengaruh penambahan superkapasitor terhadap baterai akan dievaluasi, terutama pada saat akselerasi dan deselerasi.