2020 : FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMERINTAH DI KOTA SURABAYA

Moh. Arif Rohman ST., M.Sc., Ph.D

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP) memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan nasional. Melalui mekanisme ini seleksi dan pemilihan barang dan jasa untuk kebutuhan pembangunan dilakukan, sehingga baik dan tidaknya hasil, akan sangat dipengaruhi kesuksesan pada tahapan ini. Beberapa tahun belakangan ini proses PBJP di Indonesia telah memanfaatkan sistem teknologi informasi yang sering diistilahkan dengan pengadaan elektronik (E-procurement). Namun, meski E-procurement telah diimplementasikan, belum ada jaminan bahwa PBJP tidak dilanda berbagai penyimpangan karena adanya praktek kecurangan maupun belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip pengadaan yang telah ditentukan. Kota Surabaya merupakan salah satu pelopor dalam penerapan E-procurement di Indonesia sejak 2004. Namun meski demikian, belum berarti implementasi E-procurement saat ini sudah tidak ada celah atau kekurangan sama sekali. Masih dijumpai beberapa kasus di mana proyek mengalami keterlambatan yang berdampak pada terganggunya kepentingan masyarakat luas dalam hal pelayanan maupun dampak negatif dari pelaksanaan di mana hal tersebut salah satunya sangat dipengaruhi oleh kinerja proses pengadaan barang dan jasa. Untuk itu penelitian ini dimaksudkna untuk mencari faktor apa yang menentukan dalam keberhasilan E-procurement di Kota Surabaya. Data penelitian berasal dari stakeholder yang terlibat dalam PBJP konstruksi di Kota Surabaya. Analisis data yang digunakan berdasarkan hasil dari sebaran kuisioner kepada responden dengan pendekatan menggunakan Regresi Linier Berganda. Manfaat penelitian ini adalah sebagai informasi bagi stakeholder, khususnya pemerintah sebagai pemilik dan pengembang layanan PBJP sehingga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pada komponen yang berpengaruh pada peningkatkan kinerja serta mutu layanan pelaksanaan PBJP untuk mencapai kesuksesan pengadaan barang dan jasa. Target luaran yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah makalah pada jurnal internasional (Q2), tesis magister, dan makalah pada seminar internasional. Kata kunci :PBJP, Kota Surabaya, e-procurement, faktor keberhasilan, analisis regresi berganda, strategi pengembangan