2020 : TINGKAT KESIAPAN INSTANSI LAYANAN PUBLIK DI DALAM TRANSFORMASI DIGITAL INDUSTRY 4.0 (STUDI KASUS: PEMERINTAH KOTA SURABAYA)

Atikah Aghdhi Pratiwi ST., MT.
Naning Aranti Wessiani S.T., M.M.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Transformasi digital yang diadopsi dan membawa kesuksesan pada sektor swasta, pada akhirnya membawa pengaruh terhadap harapan masyarakat kepada sektor public. Masyarakat juga menginginkan adanya pelayanan dan administrasi public berbasis digital dengan proses real time yang bernilai tinggi (Mergel et al., 2019). Masyarakat menuntut agar pemerintah dapat merubah model operasi mereka sehingga proses pemberian layanan dapat lebih efisien dan efektif, lebih transparan, serta mampu meningkatkan kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, transformasi digital di sektor publik dapat diartikan sebagai penciptaan dan implementasi cara-cara baru untuk bekerja dengan para pemangku kepentingan, membangun kerangka kerja baru untuk layanan, dan menciptakan bentuk-bentuk hubungan baru yang meningkatkan kepuasan masyarakat (European Commission, 2017). Berlandaskan hal diatas, maka menjadi sangat penting untuk diukur dan dipetakan tingkat kesiapan instansi layanan publk di dalam lingkungan Pemerintah Kota Surabaya menuju transformasi digital berbasis industry 4.0.