2020 : Studi Numerik dan Eksperimen Efektivitas Hull Vane Berbentuk Lurus dan Berbentuk V sebagai Energy Saving Device pada Kapal

Mochamad Hariadi ST., M.Sc., Ph.D
Dr. Ir. I Ketut Suastika M.Sc
Aries Sulisetyono ST, MA.Sc, Ph.D

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Sebagai negara kepulauan, pengembangan infrastruktur dan peningkatan konektivitas maritim di Indonesia menjadi prioritas pembangunan nasional dalam rangka pemerataan pembangunan dan kesejahteraan, menekan kesenjangan antara kawasan maju dengan kawasan tertinggal (wilayah terluar dan terdepan), serta untuk meningkatkan daya saing bangsa. Peningkatan konektivitas maritim membutuhkan peningkatan kapasitas dan kapabilitas galangan-galangan kapal di Indonesia, inovasi dan penguasaan teknologi terkini terkait dengan desain bentuk lambung, pemanfaatan devices untuk efisiensi bahan bakar (foil, interceptor, trim-wedge) serta proses pembangunan kapal yang efektif dan efisien. Secara keseluruhan (tahun 2020-2022) tujuan dari penelitian adalah mempelajari efektivitas Hull Vane® berbentuk lurus dan berbentuk V sebagai energy saving device, yakni efektivitas dalam mengurangi hambatan kapal dan dengan demikian mengurangi konsumsi bahan bakar. Hull Vane® ditemukan oleh van Oossanen pada tahun 1992 dan dipatenkan pada tahun 2002. Penerapan Hull Vane® diharapkan dapat mengurangi hambatan kapal dan memperbaiki gerakan kapal di medan gelombang (seakeeping). Metode penelitian adalah kombinasi antara metode eksperimental (di towing tank) dan metode numerik dengan menggunakan computational fluid dynamics (CFD). Kajian eksperimental berupa pengujian hambatan dan seakeeping kapal, baik dengan menggunakan Hull Vane® maupun tidak. Disamping itu, juga akan dilakukan pengujian-pengujian dengan memvariasikan posisi perletakan Hull Vane® baik di arah memanjang kapal maupun di arah vertikal. Hasil-hasil eksperimen di laboratorium akan diverifikasi dengan menggunakan simulasi CFD. Berdasarkan hasil kajian eksperimental dan numerik akan dikembangkan teknik pengendalian Hull Vane® dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), dengan konsep pengendalian dimana sudut serang Hull Vane® akan selalu mencari posisi yang optimum. Tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) penelitian pada saat ini adalah 2. Adapun target TKT pada tahun ketiga penelitian adalah 3. Luaran yang ditargetkan adalah publikasi dalam seminar internasional dan jurnal internasional bereputasi. Kata kunci: CFD; Energy saving device; Hull Vane®; Hambatan kapal; Seakeeping kapal.