2020 : Protokol Komunikasi Pembangkitan Lokapasar berbasis Geolokasi dan Penambangan Data untuk Mitigasi Penyebaran COVID-19

Dr.Eng. Darlis Herumurti S.Kom.,M.Kom.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pasar merupakan sarana distribusi yang berfungsi memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Selain itu pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli dimana kegiatan ekonomi berlangsung. Pasar dapat dikatakan sebagai penopang perekonomian masyarakat. Karena ada banyak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual beli di pasar. Namun, dengan merebaknya wabah Covid-19 serta adanya kebijakan Social Distancing, pasar menjadi relatif sepi. Pasar merupakan urat nadi ekonomi kerakyatan dimana pasar menaungi seluruh kegiatan jual beli dan pendistribusian barang kebutuhan pokok sehari- hari bagi masyarakat. Tidak hanya pasar yang mengalami dampak Social Distancing, ada banyak pedagang kaki lima, toko, supermarket, atau bahkan mall ditutup. Ada banyak orang yang mengalami penurunan pendapatan karena kebijakan ini. Bahkan sektor UMKM mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Karena tidak hanya proses produksinya yang diberhentikan. Namun transaksi jual beli juga sangat sulit dilakukan. Beberapa pedagang berinisiatif menggunakan sosial media ataupun aplikasi market place untuk mempromosikan dagangannya. Ada juga beberapa pedagang yang mengembangkan aplikasinya sendiri. Bahkan pemerintah kota seperti Surabaya memfasilitasi pedagang tersebut dalam sebuah aplikasi untuk promosi, hingga melakukan transaksi jual beli secara online. Ada banyaknya aplikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk serta melayani transaksi penjualan dan pembelian online. Sehingga terkadang masyarakat atau pembeli merasa kebingungan untuk mencari produk yang akan dibeli. Penelitian ini menggunakan metode data mining untuk mengumpulkan data unggahan promosi pedagang tersebut dan mengumpulkannya ke dalam sebuah aplikasi Lokapasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu baik penjual dan pembeli dalam memasarkan serta melakukan transaksi jual beli barang dagangannya di tengah wabah Covid-19. Fokus penelitian ini adalah pada bagaimana cara mengembangkan protokol komunikasi pembangkitan Lokapasar melalui penambangan data dan geolokasi.