2020 : KONSEP PENGEMBANGAN DESAIN MEJA KURSI TAMAN KANAK-KANAK SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF.

Bambang Tristiyono ST., M.Si.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pendidikan adalah aspek terpenting untuk anak agar siap dalam menempuh masa depan yang dimulai dari pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK). Pembelajaran di TK umumnya terdiri atas aspek kognitif dan sosial. Dari aspek sosial, pembelajaran yang interaktif masih sangat terbuka untuk dikembangkan. Beberapa permasalahan yang menarik untuk ditinjau adalah aksesibilitas anak, furniture yang menarik dan cocok dengan anak-anak, kesesuaian layout pada ruang kelas, dan mudah dikonfigurasi sesuai kebutuhan pembelajaran dan jumlah siswa. Dari masalah yang ada, dibutuhkan desain furnitur set anak yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih interaktif. Kebutuhan furnitur kelas untuk TK umumnya terdiri atas meja, kursi, drawer anak, dan tempat untuk memajang karya anak. Hasil perancangan ini mengasilkan satu set furnitur anak dengan konsep playful, educative, flexible, dan adaptable. Playful adalah furnitur yang dapat membuat anak tidak bosan dalam belajar karena desainnya yang menarik dan dapat dimainkan. Educative adalah desain furnitur yang mempunyai nilai edukasi, baik edukasi secara sosial dan kerja sama hingga edukasi dari sisi bentuk. Flexible adalah furnitur dengan bentuk yang dapat di-multi konfigurasikan serta memungkinkan anak untuk memindahkan dan mengaksesnya sendiri. Dan konsep adaptable adalah furnitur yang dapat beradaptasi dengan berbagai macam layout dan dimensi ruangan kelas. Kata kunci: Pembelajaran interaktif, Taman kanak-kanak, Furnitur Kelas