2020 : PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN RETAIL DI MASA PANDEMI COVID-19: SEBUAH PENDEKATAN PEMODELAN SISTEM BERBASIS AGEN

Atikah Aghdhi Pratiwi ST., MT.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

COVID-19 telah ditetapkan sebagai pandemi global sejak awal tahun 2020. Di Indonesia, jumlah penduduk yang terindikasi positif terjangkit virus tersebut telah mencapai 16.000 jiwa. Hal tersebut membuat Pemerintah mengambil langkah untuk membuat kebijakan. Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19 adalah penerapan physical distancing. Hal ini telah menyebabkan masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah secara signifikan. Dalam upaya pemenuhan kebutuhan harian masyarakat, terdapat fenomena perubahan perilaku konsumen yang membuat pelaku industri retail harus mengubah strategi penjualan yang cukup signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan keterlibatan konsumen dan penjual serta dampaknya pada perilaku belanja produk retail pasca pandemic COVID-19 yang sekaligus dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dengan pendekatan pemodelan berbasis agen (Agent-based Modelling). Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran pada pelaku industri retail untuk beradaptasi dan memberikan rekomendasi dengan scenario pengembangan untuk menunjang keberlangsungan bisnisnya.