2020 : MEDIA PEMBELAJARAN SPASIAL YANG IMMERSIF BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK AKSELERASI PEMBELAJARAN DESAIN INTERIOR

Ninditya Nareswari M.Sc
Thomas Ari Kristianto S.Sn., MT
Ede Mehta Wardhana S.T., M.T
Sefi Novendra Patrialova S.Si., M.T
Maratus Sholihah S.T., M.T
Iftita Rahmatika S.T., M.Eng
Okta Putra Setio Ardianto S.T.,M.T
Adhi Iswantoro S.T.,M.T
Fadilla Indrayuni Prastyasari S.T., M.Sc


Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah menciptakan banyak disrupsi di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi dan internet of things telah banyak membuat banyak disrupsi di bidang pendidikan tinggi baik mendisrupsi proses pembelajaran, media ajar hingga cara interaksi pembelajaran. Hal tersebut perlu diantisipasi agar menjadi peluang optimasi pembelajaran dan bukan menjadi penghambat proses pembelajaran, termasuk di bidang pendidikan tinggi desain interior. Virtual Reality atau yang lebih populer disebut VR adalah terobosan teknologi informasi terkini yang telah mengalami perkembangan dalam waktu panjang yang memungkinkan dunia virtual yang diciptakan oleh komputer berinteraksi dengan manusia secara imersif serta memiliki kualitas visualisasi yang mendekati realitas. VR telah banyak digunakan sebagai terobosan di bidang pendidikan. Dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut, penelitian bertujuan mengembangkan terobosan media pembelajaran spasial dan elemen desain interior menggunakan VR high performance yang dapat merepresentasikan ruang virtual sebagai upaya akselerasi pembelajaran desain interior. Diharapkan dengan implementasi teknologi tersebut dapat memunculkan semangat belajar pada mahasiswa karena kedekatan teknologi tersebut dengan generasi saat ini serta mengambil sisi positif teknologi VR untuk mempermudah pembelajaran yang imersif.