2014 : \"Simulasi Pertempuran pada Kelompok NPC menggunakan Metode Fuzzy Coordinator yang dioptimalkan dengan Metode Simulated Annealing dan Harmony Search\n\"\n

Mochamad Hariadi ST., M.Sc., Ph.D
Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho ST., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Simulasi perang dapat dibuat pada permainan (game) komputer dengan membuat detil model dan \n\nlingkungan seperti kondisi di pertempuran sebenarnya. Pengguna game ini harus dibuat seolah-olah \n\nmenghadapi musuh dengan ketrampilan bertempur seperti perilaku manusia sebenarnya. Salah satunya \n\ndengan membuat perilaku kelompok NPC (NonPlayer Character) yang bisa berperilaku kelompok secara \n\nlebih ‚Äěpintar?. \n\n Penelitian ini membuat pola perilaku NPC untuk permainan bertipe Multiplayer Online RTS \n\n(MORTS), yang dinamakan dengan Lume Wars. Pola perilaku team NPC dioptimalkan dengan optimasi \n\nSimulated Annealing untuk meningkatkan performance perilaku NPC, dengan cara dilakukan pemilihan \n\nNPC lawan mana yang akan diserang terlebih dahulu. Parameter yang berpengaruh penting dalam \n\noptimasi ini adalah nilai rata-rata health NPC tim kawan dan health NPC tim lawan. Hasil yang \n\ndihar