2020 : PENGEMBANGAN MODEL PENGUKURAN MATURITAS LAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL (STUDI KASUS: PEMERINTAH KOTA SURABAYA)

Naning Aranti Wessiani S.T., M.M.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Transformasi digital yang diadopsi dan membawa kesuksesan pada sektor swasta, pada akhirnya membawa pengaruh terhadap harapan masyarakat kepada sektor publik. Masyarakat juga menginginkan adanya pelayanan dan administrasi publik berbasis digital dengan proses real time yang bernilai tinggi (Mergel et al., 2019). Masyarakat menuntut agar pemerintah dapat merubah model operasi mereka sehingga proses pemberian layanan dapat lebih efisien dan efektif, lebih transparan, serta mampu meningkatkan kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, transformasi digital di sektor publik dapat diartikan sebagai penciptaan dan implementasi cara-cara baru untuk bekerja dengan para pemangku kepentingan, membangun kerangka kerja baru untuk layanan, dan menciptakan bentuk-bentuk hubungan baru yang meningkatkan kepuasan masyarakat (European Commission, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengukuran maturitas layanan publik berbasis digital. Model maturitas ini penting untuk dikembangkan mengingat tingkat maturitas tersebut akan mempengaruhi kecepatan transformasi digital yang bisa dilakukan oleh instansi layanan publik guna memenuhi tuntutan masyarakat mengenai layanan yang lebih cepat, reliable, dan transparan. Penelitian ini akan membangun indicator – indicator pengukuran berbasis kajian literatur terkait digital readiness level, industry 4.0, dan transformasi digital. Layanan publik kependudukan di dalam lingkungan Pemerintah Kota Surabaya akan menjadi studi kasus di dalam penelitian ini. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi landasan kebijakan bagi Pemerintah Kota Surabaya di dalam melakukan transformasi digital layanan publiknya. Kata kunci: tingkat maturitas, digital, transformasi digital, layanan publik