2019 : UNICORN Sebagai Best Practice Start Up Booster Ekonomi Kreatif Di Kota Surabaya

Belinda Ulfa Aulia ST., M.Sc.
Vely Kukinul Siswanto ST, MT

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Industri 4.0 yang mendorong seluruh dunia untuk mengembangkan industrinya berbasis teknologi digital, internet dengan industri konvensional merupakan suatu peluang yang harus diambil oleh Indonesia. Implementasi dari industri 4.0 di Indonesia saat ini adalah dengan bermunculannya start up digital yang telah menjadi Unicorn dengan valuasi di atas USD 1 miliar atau setara Rp 13,5 triliun. Saat ini pemerintah Indonesia telah mendorong berkembangnya start up digital yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan. Tetapi yang saat ini terjadi malah investasi terbesar pada unicorn yang telah berhasil berasal dari asing. Selain itu, sebanyak 93 persen produk yang dijual online merupakan impor. Kota Surabaya yang menjadi tuan rumah Startup Nations Summit (SNS) merupakan lokasi studi kasus yang paling cocok untuk dikembangkan lagi potensi industri kreatifnya. Oleh karena itu permasalahan yang diangkat adalah bagaiamanakah strategi pengembangan start up digital di Kota Surabaya agar menjadi Booster ekonomi kreatif dengan menelaah Best Practice UNICORN yang telah berhasil di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, contenct analysis dan SWOT analisis agar dapat menemukenali potensi dan permasalahan serta penyusunan strategi pengembangan start up digital di Kota Surabaya agar menjadi Booster ekonomi kreatif.