2020 : MODEL SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MEDIA AJAR DIGITAL BERBASIS GAMIFIKASI PADA PERGURUAN TINGGI

Dr.oec.HSG Syarifa Hanoum ST., MT.
Berto Mulia Wibawa S.Pi., M.M
Satria Fadil Persada S.Kom,MBA,Ph.D


Abstract

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) telah mengeluarkan Road Map Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Desain dimana terdapat fokusan topik berupa Creative Digital: animasi, game, apps. Penelitian ini sangat erat terkait terhadap bagaimana model sistem pembelajaran dengan pendekatan media ajar digital berbasi E-Book untuk pendidkan tinggi dapat membantu proses perkuliahan menjadi lebih efektif dan efisien. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan analisis perilaku mahasiswa dengan pendekatan pembelajaran berbasis E-Book dan membuat model sistem pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran digital berbasis E-Book. Pendekatan design thinking dan confirmatory factor analysis dilakukan. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi model pembelajaran untuk perkembangan proses belajar secara umum dan sistem pembelajaran di ITS secara khusus. Luaran dari penelitian ini adalah model sistem pembelajaran berbasis E-Book dan journal yang di terbitkan di Scopus/Thompson reuters Kata kunci: Model, sistem pembelajaran, digital, E-Book, pendidikan tinggi.