2019 : Peningkatan Motivasi Komunikasi Oral bagi Siswa SLB Tunarungu dengan Ruang Kelas Berkonsep Tipografi Interaktif & Natural

Lea Kristina Anggraeni S.T., M.Ds.


Abstract

Pendidikan luar biasa di Indonesia bagi penyandang difabelitas merupakan sebuah kebutuhan yang krusial. Anak berkebutuhan khusus (ABK) mendapat pendidikan berupa Pendidikan Luar Biasa dengan bentuk sarana Sekolah Luar Biasa. Bagi Sekolah Luar Biasa khusus tunarungu, secara umum menekankan kebutuhan dari siswanya untuk dapat berkomunikasi, terutama secara oral melalui kurikulum pendidikan dan sistem pembelajaran yang menunjang, sedangkan secara infrastruktur bangunan mayoritas masih belum mendukung kebutuhan tersebut. Redesain interior ruang kelas siswa dirasa perlu guna menambahkan semangat belajar komunikasi oral siswa, terutama dalam ruang kelas yang digunakan sehari-hari. SLB-B Karya Mulia Surabaya merupakan salah satu sekolah luar biasa khusus tunarungu yang menyediakan empat jenjang sekaligus serta menawarkan fasilitas untuk umum di Surabaya. Selain memberikan pelayanan dalam pendidikan dari jenjang TKLB hingga SMALB, SLB-B Karya Mulia Surabaya juga memiliki pelayanan terapi. Dalam tahap pembelajaran komunikasi, jenjang usia yang sesuai dan paling efektif adalah sejak dini, terutama ketika menginjakkan kaki di jenjang sekolah dasar. Pengembangan desain interior ruang kelas SDLB-B Karya Mulia Surabaya menggunakan konsep tipografi interaktif natural yang memperhatikan unsur alam yang ada pada lingkungan sekitar anak dan unsur tipografi yang dikemas dalam bentuk interaktif sebagai bagian dari media edukasi penyandang tunarungu. Perencanaan desain ruang kelas mengutamakan unsur warna yang bersifat terapis, penggunaan material …