2020 : PEMBUATAN PROTOTIPE PLATFORM KOMIK SAINS DIGITAL BERBASIS PERANGKAT BERGERAK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MULTI-LITERASI REMAJA

Dr. Kartika Nuswantara S.Pd, M.Pd
Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Nisfu Asrul Sani S.Kom., M.Sc.
Dr.rer.nat. Nasori M.Si


Abstract

Pada penelitian terdahulu (Penelitian Dana Lokal ITS tahun 2018 dan tahun 2019) tim peneliti telah menyelesaikan sebuah prototype berupa aplikasi mobile untuk pembelajaran bahasa Inggris yang diberi nama Conji. Meskipun telah banyak di pasaran daring jenis aplikasi mobile untuk pembelajaran bahasa Inggris, namun dalam pengetahuan kami, belum ditemukan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningatkan pengetahuan pembelajar bahasa tentang pemakaian berbagai varietas konjungsi. Pemahaman akan ragam konjungsi bermanfaat bagi pembelajar ketika dihadapkan pada buku teks atau buku referensi mata kuliah berbahasa Inggris. Kesalahan dalam memahami makna konjungsi akan berakibat pada kesalahan memahami sebuah konteks dan berakhir pada pemahaman yang tidak tepat. Pada kasus yang sama adalah ketika mahasiswa memulai menulis artikel dalam bahasa Inggris. Dengan terbatasnya pengetahuan akan varietas konjungsi maka mereka akan cenderung mempergunakan konjungsi yang sama sehingga hasil tulisan terasa membosankan. Alhasil, artikel yang mereka tulis kurang diminati oleh pembaca untuk dibaca. Dari penelitian multi tahun tersebut, tim telah dapat menghasilkan sebuah aplikasi mobile yang siap dipergunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Mata Kuliah Bahasa Inggris di ITS. Pada tahun 2020, tim peneliti akan membuat prototype comic generator untuk platform komik digital yang bertemakan sains sehingga dapat dimanfaatkan oleh pembuat komik konvensional untuk mengkonversi komik buatannya menjadi komik digital, sehinnga komik yang dibuat akan lebih banyak menjangkau pembacanya; disamping itu komik digital tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelajar di usia Sekolah Dasar dan SMP untuk meningkatkan literasi atau penegtahuan mereka akan sains. Piranti ini perlu diciptakan sebagai bentuk tanggapan terhadap rendahnya tingkat literasi sains anak Indonesia seperti yang dilaporkan oleh hasil tes literasi internasional yang dilakukan oleh UNDP pada tahun 2018. Dengan komik digital yang akan dikembangkan pada tahun ini, diharapkan dapat menstimulasi minat anak-anak untuk mempelajari Sains sebagai salah satu literasi dasar yang dibutuhkan anak-anak dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan mereka. Sehingga prototype ini memiliki utilitas yang tinggai. Prototype ini membantu penulis komik mendigitalisi komik konvensionalnya; selain dari pada itu para komikus yang masih belum professional dapat memanfaatkan aplikasi untuk menghasilkan komik dengan templet ilustrasi yang tersedia di aplikas, dan bagi pembeca komik. Komik sains ini akan memberikan ragam bacaan untuk anak dan remaja khususnya dengan tujuan memahami sains. Pada akhir penelitian, luaran yang dihasilkan akan berupa artikel jurnal yang akan dipublikasikan melalui jurnal internasional terideks Scopus Q2, dan hak cipta prototype comic generator. Kata Kunci: Komik, Comic Generator, Komik Digital, Literasi Digital, Literasi Sains