2019 : PENINNGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 KURIPAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN DAMPAK PERKKEMBANGAN …

Wiwik Anggraeni S.Si.,M.Kom


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adapeninngkatan hasil dan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 kuripan dengan menggunakan model DiscoveryLearning pada pokok bahasan dampak perkembangan kolonialisme dan imperialisme di Indonnesia tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalahmenggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dalam tiga siklus. PTK merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dilakukan pada sebuah kelas secara bersama. kelas bukan wujud ruangan, tetapi sekelompok siswa yang sedang belajar. Dengan demikian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada proses belajar mengajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN1 Kuripan setelah dilakukan tindkan selama dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran DiscoveryLearningmampu meningkatkan hasil belajarnya, berdasrkan hasil evaluasi pada siklus I menunjukan bahwa persentase siswa yang mendapat nilai 75 keatas sebanyak 17 orang persentase 54, 83% ini berarti indikator penelitian belum mencapai standar ketuntasan klasikal yaitu 85%. Dari data tersebut terdapat 14 orang siswa yang memiliki nilai kurang dari 75 dengan persentase 45, 17% dan nilai rata-ratanya 68, 32. Sedangkan untuk nilai motivasi belajar siswa pada siklus I, menunjukan bahwa persentase siswa yang mendapat nilai 75 keatas adalah20 orang dengan persentase64, 51%, selanjutnya yang tidak mencapai ketuntasan berjumlah 11 orang dengan persentase 35, 48% dan nilai rata-rata 68, 32. ini berarti indikator …