2018 : PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP BEBERAPA ISU HALAL PADA PRODUK MAKANAN

Prof. Iwan Vanany ST., M.T., Ph.D.
Anny Maryani ST., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Isu produk makanan halal adalah menjadi penting bagi praktisi industri makanan dan pemegang kebijakan seperti LPPOM MUI dan pusat studi kajian halal sebagai dasar untuk mengelola operasi halal berdasarkan persepsi konsumen. Penelitian ini berupaya mengkaji hubungan antara isu-isu produk halal seperti isu gelatin tidak halal, daging tidak halal, dan kandungan khamar di produk makanan halal terhadap niat membeli konsumen. Metode penelitian survey akan digunakan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan media online agar memudahkan mengakses dan mengisi kuesioner penelitian. Analisa korelasi dan lainnya akan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para pemegang kebijakan Halal (MUI, LPPOM MUI, BPJH) dan para pelaku usaha dan industri makanan untuk melakukan kebijakan, langkah-langkah strategis dan operasional untuk meningkatkan pemenuhan apa yang diinginkan oleh konsumen.