2020 : Pola Penataan Ruang Layanan Publik yang Smart, berdasarkan Kajian Okupansi dan Attachment Pengguna (Obyek Kasus: Ruang Layanan Publik di Kantor/Dinas di Pemerintah Kota Surabaya)

Dr.Ir. Susy Budi Astuti MT.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Ruang layanan publik kantor identik dengan pintu gerbang image layanan. Secara umum ruang layanan publik berfungsi antara lain area informasi, area tunggu, area penerima tamu, area layanan dan area sekuriti. Bentuk dan jenis area tersebut sangat tergantung pada karakter kantor/kedinasan. Terdapat fenomena bahwa adanya layanan satu atap, yaitu terdapat 2 atau lebih jenis kantor/kedinasan dalam satu bangunan gedung. Hal ini menjadi menarik, karena masing masing memiliki karakter layanan yang berbeda, namun dalam satu ruang layanan publik. Jenis layanan yang beragam yang terjadi di satu ruang di ruang layanan publik , sering menimbulkan disorientasi sebagai dampak dari ketidak efektifan penggunaan ruang. Penelitia ini bertujuan merumuskan pola okupansi dan attachment pengunjung di ruang layanan publik kantor kedinasan, untuk menjadi modul penataan area dan penggunaan ruang. Penelitian dilakukan dengan cara observasi perilaku dan rekam jejak guna mencermati pola aktivitas yang terjadi. Kuisioner dan wawancara digunakan utuk melengkapi data. Rumusan Pola okupansi dan attachment pengunjung di ruang layanan publik kantor atau kedinasan diharapkan menjadi smart performance public space untuk keberlangsungan/sustainable environment.