2019 : Pengembangan Kampung Wisata Berkelanjutan di Surabaya

Dian Rahmawati S.T, M.T
Ema Umilia S.T., M.T
Hertiari Idajati ST., M.Sc

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kampung wisata merupakan salah satu potensi daya tarik wisata yang dimiliki Surabaya. Keberadaan kampung wisata di Surabaya merupakan salah satu sektor yang dapat diperhitungkan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal yang dapat memberikan peluang usaha dan lapangan pekerjaan baru sekaligus meningkatkan kelestarian budaya dan lingkungan kampung secara bersamaan. Potensi ini perlu dimanfaatkan sebaiknya mungkin agar daya tarik wisata ini dapat menarik wisatawan berkunjung. Namun kendala yang dihadapi sekarang, banyak kampung wisata di Surabaya belum menemukan jatidiri yang sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Pemerintah kota Surabaya belum melakukan kajian mendalam terkait branding yang harus diciptakan untuk setiap kampung wisata tersebut. Hal ini berdampak pada penurunan eksistensi kampung disebabkan karena pengembangan daya tarik wisata pada kampung belum menerapkan konsep branding yang terencana. Sehingga masih banyak dijumpai beberapa permasalahan seperti, kurangnya inovasi produk, masih belum memiliki kelengkapan komponen pendukung kegiatan pariwisata, serta belum memiliki ciri khas. Branding merupakan salah alternatif upaya meningkatkan eksistensi kampung wisata agar dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan bereksplorasi. Oleh karena itu sangat penting untuk dirumuskan upaya pengembangan kampung wisata di Surabaya berdasarkan konsep branding. Tahapan yang akan dilakukan yaitu ; 1) mengidentifikasi karakteristik kampung wisata berdasarkan konsep branding.; 2) mengidentifikasikan kriteria branding kampung wisata di Surabaya 3) merumuskan strategi pengembangan kampung wisata berdasarkan konsep branding agar dengan branding diharapkan dapat meningkatkan eksistensi kampung di mata konsumen dan mengenalkan kebudayaan kampung kepada wisatawan. Sehingga harapannya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kampung, sekaligus dapat meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat lokal.