2019 : IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MINING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PERENCANAAN PRODUK BERDASARKAN PEMODELAN TOPIK DAN ANALISIS SENTIMEN

Drs. Nurul Hidayat M.Kom
Prof. Dr.techn. Drs. Mohammad Isa Irawan M.T.
Alvida Mustika Rukmi S.Si, M.Si
Ede Mehta Wardhana S.T., M.T
Mariyanto S.Si., M.T
Lucky Putri Rahayu S.Si., M.Si.
Ervin Nurhayati S.T.,M.T.,Ph.D
Murry Raditya S.T., M.T.
Sefi Novendra Patrialova S.Si., M.T
Maratus Sholihah S.T., M.T
Iftita Rahmatika S.T., M.Eng
Okta Putra Setio Ardianto S.T.,M.T
Ardi Nugroho Yulianto S.T.,M.T
Gita Marina Ahadyanti S.T., M.T
Adhi Iswantoro S.T.,M.T
Fadilla Indrayuni Prastyasari S.T., M.Sc
BANU PRASETYO S.FIL.,M.FIL
Danu Utama S.T.,M.T
Muhammad Luthfi Shahab S.Si.,M.Si


Abstract

Media sosial menjadi salah satu sumber data yang dapat dimanfaatkan dalam bidang perencanaan suatu produk. Banyaknya opini pelanggan yang tersedia menyebabkan sulitnya dalam hal analisis apa yang sedang dibicarakan pelanggan dan apa yang dibutuhkan. Identifikasi peluang produk berdasarkan social media mining dengan pemodelan topik dan analisis sentimen dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan ini yakni memanfaatkan teori product opportunity mining. Pemodelan topik dengan Latent Semantic Analysis dapat diimplementasikan untuk mendapatkan derajat importance suatu topik dengan melakukan Truncated SVD, mengkluster tweet dengan topik yang sama, serta mengidentifikasi kata kunci tiap klusternya. Derajat satisfaction didapatkan dengan menganalisis nilai polaritas suatu opini dengan analisis sentimen. Daftar lexicon yang berisi nilai polaritas kata serta algoritma perhitungan polaritas dari Hutto dan Eric digunakan untuk mendapatkan derajat satisfaction. Dari kedua hal tersebut, dapat dikalkulasi peluang suatu produk (bagian produk) serta interpretasinya dalam diagram importance-satisfaction yang disebut product landscape map. Dalam diagram, bagian-bagian produk akan dikategorikan dalam tiga kategori, yakni over-served, right-served, dan under-served. Sehingga secara umum, social media mining diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik dan didapatkan gambaran yang jelas tentang manfaatnya dalam identifikasi peluang suatu produk berdasarkan pemodelan topik dan analisis sentimen.