2019 : PENGEMBANGAN DESAIN PROMOTION TOOLS DAN OFFICE STATIONERY ITS YANG TERINTEGRASI DALAM RANGKA PENGUATAN BRANDING ITS MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

Ir. Baroto Tavip Indrojarwo M.Si
Bambang Mardiono Soewito S.Sn, M.Sn
Sayatman S.Sn., M.Si.
Kartika Kusuma Wardani S.T., M.Si.


Abstract

Identitas visual merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah entitas, antara lain sebagai tanda kepemilikan, jaminan kualitas, mencegah peniruan atau pembajakan. Selain berfungsi sebagai ciri dan sarana identifikasi, identitas visual juga dapat berfungsi sebagai alat pemasaran dan komunikasi bagi entitas tersebut. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai entitas pendidikan tinggi teknologi terkemuka di Indonesia sudah saatnya membangun brand-nya secara lebih komprehensif dan terintegrasi sebagai bagian dari upaya penguatan visi misi ITS. Penggunaan identitas visual ITS secara teratur dan konsisten sangat penting untuk membangun brand ITS dalam kontestasi global. Secara mendasar memang ITS sudah memiliki atribut identitas visual yang formal sebagaimana diatur dalam statutanya. Namun demikian dalam implementasinya atribut-atribut visual tersebut belum diatur dan dikelola secara komprehensif sebagai sistem identitas visual yang konsisten dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain identitas visual ITS secara lebih terintegrasi, khususnya pada media promosi (promotion tools) dan perlengkapan administrasi kantor (office stationery). Luarannya diharapkan dapat menjadi panduan bagi seluruh civitas akademika ITS dalam implementasinya secara konsisten dan profesional untuk kebutuhan sehari-hari. Melalui penggunaan identitas visual yang teratur dan konsisten diharapkan dapat memberikan dampak maksimal dalam membangun dan menguatkan brand ITS menuju World Class University. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi kebijakan pimpinan dalam penerapan system identitas visual di ITS. Pada tahap selanjutnya hasil penelitian ini juga dapat dikembangkan untuk implementasi pada media lainnya sesuai kebutuhan ITS, misalnya mechandise, papan petunjuk (sign system), seragam (uniform), kendaraan operasional (vehicle), dll. Kata Kunci: Identitas Visual, Branding ITS, Office Stationery, Promotion.