2019 : Metode Translasi Imajinasi pada Pedagogi Studio Dasar Perancangan Arsitektur Untuk Pemetaan Minat dan Bakat Mahasiswa Baru

Dr. Ir. Vincentius Totok Noerwasito
Defry Agatha Ardianta S.T., M.T.
Rabbani Kharismawan S.T, M.T
Endy Yudho Prasetyo ST., MT.


Abstract

Pada bidang pendidikan Arsitektur, seringkali yang diyakini adalah perlunya mahasiswa baru (tahun pertama) memiliki ketrampilan menggambar untuk bekalnya selama kurang lebih 4 tahun menmpuh pendidikan sarjana. Bekal ketrampilan tersebut tentunya dibutuhkan karena terkait dengan bentuk komunikasi desain yang didominasi melalui media gambar dan model 3 dimensional. Namun menempatkan penguasaan ketrampilan sebagai sebuah tujuan tentunya berbeda dengan menempatkannya sebagai sarana untuk menguasai pengetahuan tentang Arsitektur dan Desain. Hal yang menjadi penting untuk dikaji lebih lanjut adalah bagaimana sebenarnya pedagogi menjadi kunci penting dalam sebuah proses pembelajaran. Jika kita merujuk pada skema sebuah penerapan dan pelaksanaan kurikulum, pedagogi yang memiliki arti "seni untuk membantu pelajar belajar" ini berada pada tahapan proses atau actual curicullum. Tahapan ini sangat menentukan kualitas pembelajaran karena apa yang sudah tertuang dengan baik pada curicullum plan harus dapat diimplementasikan dengan baik pada actual curicullum melalui strategi pedagogi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah rencana pembelajaran memiliki relasi yang tepat dengan pedagogi yang dilaksanakan, serta meneliti apakah pembelajaran ketrampilan (khususnya menggambar) telah dengan tepat diposisikan sebagai sarana untuk pencapaian tahap kognitif tertentu pada mahasiswa sesuai dengan yang disusun pada curicullum plan. Kata kunci: pedagogi, kurikulum, pembelajaran