2019 : EKSPLORASI DESAIN LOGO UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI BRANDING IKM KERIPIK BONGGOL PISANG “SI BONGGI�I JOMBANG

R.Eka Rizkiantono S.Sn, M.Ds
Nurina Orta Darmawati ST., M.Ds.
Putri Dwitasari ST., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Keripik Bonggol Pisang Si Bonggi merupakan IKM produk olahan bonggol pisang hasil kreasi Kelompok Wanita Mandiri Balongsari yang dibentuk dari program ESR dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto. Dalam pelaksanaannya, program ESR ini melakukan pendampingan selama 3 tahun tidak hanya pelatihan pengolahan bahan, program ESR ini juga membantu dalam penyuluhan keamanan pangan, bantuan peralatan produksi dan kemasan, pengajuan SPP-PIRT serta bantuan pemasaran. Meskipun telah berhasil menciptakan suatu produk olahan yang siap jual, pendampingan belum menyentuh ranah desain. Kondisi saat ini hanya pada jenis kemasan sederhana dengan desain label yang kurang memiliki nilai jual. Dari latar belakang tersebut dapat diambil kesimpulan, pengembangan program ESR ini perlu didukung oleh sebuah program pengembangan strategi branding yang terintegrasi melalui sebuah identitas visual berupa logo untuk memperkuat image produk. Strategi branding ini bertujuan memberikan citra positif melalui logo. Identitas visual yang representatif akan mampu mencerminkan dan mempresentasikan keunggulan sebuah produk. Kajian teori yang akan digunakan adalah pengembangan identitas visual dan logo. Teknik pengumpulan data adalah melalui studi lapangan atau observasi, wawancara, studi marketing. Tahap berikutnya adalah mengumpulkan informasi yang telah di dapat, memetakan konsep, merancang alternatif desain. Keyword: Identitas visual, Eksplorasi desain logo, Branding, Keripik Si Bonggi