2019 : Studi Karakteristik Dinamik Sambungan Adhesive dengan Pengujian Split Hopkinson Pressure Bar

Yohanes ST., M.Sc.

Year

2019

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Konstruksi kendaraan masa depan harus cerdas (smart) dalam arti harus ringan, mudah dibuat, mudah dirakit, dan mudah disusuaikan bentuknya dengan kebutuhan. Konstruksi ringan tersebut dapat diwujudkan mengaplikasikan desain rangka modular yang dibuat dari beragam material ringan. Sambungan adhesive sangat diperlukan dalam perakitan konstruksi beragam jenis material tersebut yang tidak dapat difasilitasi oleh teknik sambungan konvensional seperti las, keling, dan baut. Dengan demikian, penguasaan teknologi sambungan adhesive dan pengetahuan tentang karakteristik sifat mekaniknya sangat strategis bagi kemajuan industri transpotasi di Indonesia. Konstruksi kendaraan harus memenuhi persyaratan keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi pengendaranya dalam setiap kondisi, salah satunya adalah rigiditas dan ketangguhan struktur. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui karakteristik mekanik sambungan adhesive pada saat menopang beban statis maupun dinamis. Penelitian terhadap kekuatan sambungan adhesive dan faktor-faktor yang mempengaruhinya telah banyak dilakukan. Namun, penelitian kekakuan dinamis dan serapan energi akibat beban tumbukan belum banyak dikaji. Dua karakteristik ini sangat diperlukan untuk analisa rigiditas dan ketangguhan struktur saat menopang beban dinamis. Data yang didapatkan dapat digunakan sebagai dasar simulasi numerik yang valid. Penelitian yang kami usulkan adalah uji karakteristik dinamik sambungan adhesive menggunakan split Hopkinson pressure bar. Model sambungan yang diteliti adalah lap joint dan scarf joint dengan parameter sambungan yang divariasikan; ketebalan dan panjang lapisan adhesive, komposisi adhesive, dan temperatur kerja sambungan. Kekakuan dan serapan energi diestimasi dari slope dan luasan kurva tegangan-regangan yang diperoleh dari pengujian. Pengaruh variasi sambungan dan temperature kerja terhadap sifat dinamik sambungan akan dianalisa untuk mendapatkan mixture law dari adhesive yang optimum untuk mendapatkan kekakuan dan serapan energi yang sesuai dengan aplikasi.