2019 : Pengaruh Sudut Pandang pada Pengalaman Realitas Virtual: Pandangan Tertambat vs. Pandangan Orang-Pertama

Imam Kuswardayan S.Kom, M.T
Dr.Eng. Darlis Herumurti S.Kom.,M.Kom.
Wijayanti Nurul Khotimah S.Kom., M.Sc.
Ridho Rahman Hariadi S.Kom, M.Sc
Hadziq Fabroyir S.Kom., Ph.D


Abstract

Realitas virtual (VR) merupakan salah satu dari banyak teknologi yang berperan penting dalam cakupan revolusi industry 4.0, khususnya dalam hal menciptakan produk dan aplikasi berbasis tiga dimensi dan nyata. Realitas virtual merupakan teknologi yang dapat mensimulasikan dunia maya dengan menggunakan bantuan komputer. Teknologi VR menyediakan interaksi antara pengguna dengan lingkungan maya, sehingga teknologi ini dapat memberikan sebuah sensasi yang berbeda bagi penggunanya. Teknologi VR banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan khususnya dalam media pembelajaran dan simulasi. Tujuannya adalah untuk menyediakan sebuah media pembelajaran dan simulasi yang lebih menarik serta interaktif. Dalam aplikasi tiga dimensi, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan pengguna. Salah satu diantaranya adalah tampilan antar muka. Antar muka yang berbeda menghasilkan tingkat kenyamanan pengguna yang berbeda. Penelitian ini membandingkan sudut pandang pengguna dalam suatu aplikasi VR. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang-pertama dan sudut pandang tertambat. Selain itu, penelitian ini akan menggunakan beberapa perangkat khusus seperti Oculus Rift dan kamera panorama. Hasil aplikasi akan diujikan terhadap beberapa pengguna dengan uji statistik ANOVA untuk menentukan perbedaan pengaruh pada sudut pandang yang diujikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan hasil gambaran perbandingan dari kedua sudut pandang pada aplikasi VR, sehingga baik pengguna maupun pengembang aplikasi dapat memperoleh gambaran mengenai perbandingan sudut pandang tersebut.