2019 : REDUKSI NOISE HUJAN DENGAN GUIDED FILTER UNTUK MENINGKATKAN AKURASI AUTOMATIC COUNTING VEHICLES

Drs. Soetrisno M.IKom
Dwi Ratna Sulistyaningrum S.Si,MT.
Budi Setiyono S.Si, MT

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Penelitian ini merupakan rangkaian dari penelitian-penelitan yang telah kami lakukan sebelumnya, yaitu untuk mendukung manajemen transportasi cerdas dan rekayasa lalu lintas. Beberapa penelitian yang telah kami lakukan antara lain tracking kendaraan berbasis superresolution, penghitungan kendaraan/vehicle counting, klasifikasi kendaraan, serta deteksi kecepatan berbasis pengolahan citra dan video. Namun, penelitian-penelitian tersebut masih dilakukan dengan kondisi pencahayaan yang cukup dan tidak ada noise/gangguan. Pada penelitian yang diajukan ini, diusulkan sistem yang mampu untuk mereduksi noise hujan sedemikian hingga diharapkan dapat meningkatkan akurasi pada counting kendaraan berbasiskan pada pengolahan video. Pada Intelligent Transportation System, rekayasa lalu lintas dilakukan secara otomatis. Untuk mencapai tujuan tersebut, bagian mendasar yang harus dilakukan adalah penghitungan jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya. Dengan memanfaatkan kamera pengawas yang telah banyak dipasang di berbagai ruas jalan, penghitungan jumlah kendaraan secara otomatis dapat dilakukan melalui pengolahan video. Proses yang akan dilakukan secara garis besar adalah sebagai berikut : (i) Pemilihan area untuk perhitungan kendaraan bergerak (ii) menghilangkan noise hujan pada area perhitungan dengan Guided Filter (iii) mengelompokkan bagian piksel foreground dan background menggunakan algoritma Background Subtraction (BS) dengan metode Gaussian Mixture Model (GMM) (iv) analisis blob. (v) menghitung kendaraan berdasarkan region yang telah diperoleh serta melakukan mengkalasifikasikan menjadi dua, yaitu mobil dan sepeda motor. Pengujian akan dilakukan secara empiris dengan membandingkan jumlah kendaraan yang terhitung sebenarnya dengan jumlah kendaraan yang dihasilkan oleh sistem yang telah dibuat pada saat kondisi hujan dan tidak hujan. Hasil penelitian ini direncanakan dipublikasikan melalui jurnal bereputasi, yaitu Internasional Journal of Computer(JOC) yang terindeks scopus dan seminar internasional “The 5th International Conference on Science and Technology (ICST 2019)�