2019 : Penyusunan Kerangka Kerja untuk Pengukuran Nilai Layanan Teknologi Informasi dengan Menggunakan Pendekatan Value Engineering (Penelitian Tahun ke-2 dari 2 tahun)

Ir. Khakim Ghozali M.MT
Anisah Herdiyanti Prabowo S.Kom., M.Sc.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Penyampaian nilai (value delivery) telah menjadi fokus penting dalam pengelolaan layanan teknologi informasi (TI) dimana nilai (value) menunjukkan kebermanfaatan dari investasi TI. Namun penyampaian nilai tersebut masih terbatas diantaranya disebabkan karena: 1) terbatasnya pemahaman akan manfaat yang dapat dijanjikan (promised benefits) oleh penyedia layanan TI; 2) minimnya kesadaran pengguna layanan TI akan manfaat yang diterima (perceived benefits) dari investasi TI; 3) sedikitnya kajian pengukuran kebermanfaatan dari investasi TI yang berfokus kepada kajian nilai (value). Pemahaman akan penyampaian nilai yang belum tepat dapat mendorong peran TI yang tidak mampu mendukung bisnis organisasi hingga dianggap sebagai kegagalan investasi TI. Minimnya kajian terhadap nilai (value) kian memperkuat anggapan bahwa investasi TI dianggap sebagai cost-centered dibandingkan value added sehingga investasi TI dapat dianggap tidak menguntungkan bagi bisnis organisasi. Penelitian ini berangkat dari pentingnya peran TI dalam mendukung bisnis organisasi melalui penyediaan layanan TI yang berorientasi terhadap penyampaian nilai (value delivery) bagi penyedia dan pengguna. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian dengan topik nilai (value) dalam ranah layanan TI (information technology services) yang telah digagas pengusul semenjak tahun 2016. Penelitian sebelumnya lebih berfokus kepada kajian dan penyusunan kerangka pengukuran nilai (value) yang dipandang dari sudut pandang penyedia dan sudut pandang pengguna layanan TI; sementara penelitian selama dua tahun ke depan akan berfokus kepada pengukuran nilai dengan dari sudut pandang penyedia yang mempertimbangkan metode value engineering. Metode value engineering (VE) merupakan bagian dari konsep value analysis yang berupaya untuk mengetahui fungsi yang optimal sehingga dalam ranah layanan TI dapat mengoptimalkan penyampaian nilai (value delivery). Sayangnya penerapan metode VE masih terbatas dalam ranah layanan TI untuk mengetahui kebermanfaatan investasi TI. Tahun pertama penelitian (2018) telah mengimplementasikan metode VE dalam kasus perencanaan pengembangan aplikasi (software development). Berdasarkan implementasi VE tersebut dapat disintesis kerangka kerja mengukur nilai (value) layanan teknologi informasi dengan menggunakan pendekatan value engineering. Tahun kedua penelitian (2019) akan berfokus kepada pengembangan metode estimasi biaya dalam kerangka kerja yang telah disintesis sebelumnya. Pada kerangka kerja yang disintesis sebelumnya, metode estimasi biaya yang digunakan adalah function point analysis sementara pengembangan yang dilakukan menggunakan metode estimasi biaya COCOMO 2.0 yang dikenal lebih akurat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif eksporatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan metode pengukuran value layanan TI; serta kualitatif deskriptif dengan menyajikan kerangka kerja yang dihasilkan dari sintesis keterkaitan metode. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk peningkatan manfaat dari penyediaan layanan teknologi informasi.