2017 : PENGEMBANGAN METODE PENILAIAN KINERJA TENAGA PENJUAL PADA TOKO ONLINE BERBASIS MOBILE CHATTING

Erma Suryani ST., MT., Ph.D
Amna Shifia Nisafani S.Kom, M.Sc

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat beragam kanal tersedia dalam menjual barang/jasa. Dari beragam kanal tersebut salah satu kanal adalah mobile chatting. Mobile chatting adalah kanal yang banyak dipakai oleh berbagai Toko Online karena dua kelebihan: 1) kemudahan dari sisi instalasi dan 2) tingginya level personalisasi ke customer. Sifat komunikasi mobile chatting yang asinkronous menyebabkan metode penilaian kinerja tenaga penjual yang ada sekarang kurang akurat. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode penilaian kinerja tenaga penjual online. \n\nAdapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu menganalisis transkrip whatsapp, mengidentifikasi variabel pengukuran kinerja, mendefinisikan metode pengukuran berdasarkan variabel pengukuran, dan mengimplementasi metode pengukuran pada studi kasus. Kami menggunakan data nyata pada sebuah toko online yang menjual cookware bernama forebento.com sebagai studi kasus untuk mengimplementasikan metode pengukuran yang dikembangkan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini berupa metode pengukuran kinerja tenaga penjual.\n\nKeyword : pengukuran kinerja, salesperson performance, indikator kinerja\n