2019 : Analisa Perubahan Gaya Angkat dan Hambatan Total Terhadap Variasi Aspect Ratio dan Winglet pada Sayap Kapal Wing In Surface Effect Menggunakan Aplikasi CFD

Prof. Ir. I Ketut Aria Pria Utama M.Sc., Ph.D.


Abstract

Pada proses desain kapal WISE sangat diperhatikan masalah gaya hambat serta gaya angkat yang terjadi saat kapal melaju dalam mode ground effect. Salah satu cara untuk mengurangi gaya hambat kapal WISE adalah dengan meningkatkan nilai aspek rasio sayap dan memodifikasi winglet. Untuk membuktikan hal tersebut, dalam tugas akhir ini dilakukan penelitian dalam bentuk simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan cara membandingkan sayap dengan aspek rasio rendah AR= 1 dengan aspek rasio sedang AR= 3 serta memvariasikan sudut cant pada winglet. Hasil dari simulasi aspek rasio yang dilakukan menunjukan nilai gaya hambat dan gaya angkat yang berbeda di setiap variasi kecepatan. Kapal WISE dengan aspek rasio sedang AR= 3 memiliki nilai gaya hambat yang lebih kecil dibandingkan dengan kapal WISE dengan aspek rasio rendah AR= 1. Kapal WISE dengan aspek rasio sedang AR= 3 memiliki nilai gaya angkat yang lebih besar dibandingkan dengan kapal WISE dengan aspek rasio rendah AR= 1. Hasil simulasi yang dilakukan pada variasi sudut cant winglet kapal WISE menunjukan nilai gaya hambat dan gaya angkat yang berbeda di setiap variasi sudut. Kapal WISE dengan sudut cant winglet α= 45 mempunyai gaya hambat yang lebih kecil dibandingkan dengan sudut cant winglet α= 30 dan α= 60. Kapal WISE dengan sudut cant winglet α= 30 mempunyai gaya angkat yang lebih besar dibandingkan dengan sudut cant winglet α= 45 dan α= 60.